Kamis, 19 Juli 2012

Belajar jadi kupu - kupu

Assalamualaikum wr wb.

Kalian tahu tentang kupu - kupu kan ?
yup, sebuah maklhuk Allah SWT yang memiliki warna yang indah pada sayapnya dan semua orang pasti senang jika melihatnya.
Kalian juga tahu ndak, kupu - kupu itu dari mana ??
yup....kupu - kupu berawal dari ulat ( lava ).
hmmm.....Ulat ( lava ) bagi sebagian dari kita, menjijikan, gatal, geli dan hampir semua orang pasti akan menghindar jika menemuinya.

Sebelum menjadi kupu - kupu yang cantik, hewan tersebut mengalami sebuah proses metamorfosa dari sebuah ulat yang menjijikan menjadi sebuah kupu - kupu yang menyenangkan, hmmmm.....sebuah kondisi yang kontradiksi yaa....

Sebagai info, berikut selengkapnya bagaimana kupu - kupu bermetamorfosa :
1. Telur menempel
pada daun inang, lamanya 2-7 hari
2. Setelah itu menjadi ulat (larva) berumur 14-20 hari dengan berganti kulit 4 - 5 kali, pada umur itu mengkonsumsi daun setara 20x30 cm
3. Lalu menjadi kepompong, berpuasa dan beristirahat selama 14 - 16 hari dan butuh 1 - 2 jam untuk mengeringkan sayap sebelum siang terbang untuk pertama kalinya.
4. Kepompong akan menjadi kupu - kupu dewasa yang indah dan cantik.

Cukup lama juga ya prosesnya....Dari sesuatu yang dirasa buruk menuju sesuatu yang baik, yang indah itu membutuhkan proses yang cukup lama, didukung dengan ketekunan dan kesabaran yang cukup kuat.
Samahalnya dengan kita sebagai manusia, Manusia dari yang buruk menuju yang lebih baik dan bermanfaat itu membutuhkan sebuah proses yang cukup berat dan harus didukung pula dengan kesungguhan  untuk berubah.

Manusia itu memang makhluk sempurna, karena kita diberi sebuah otak, bilamana kita bisa mengendalikan dan memanfaatkannya akan menjadi sesuatu yang positif, namun jika kita tidak mampu untuk itu akan menjadi sesuatu yang negatif. Manusia memang makhluk yang istimewa dari makhluk - makhluk lain yang diciptakan-NYA, namun keistimewaan seorang manusia juga tak luput dari yang namanya "dosa"

Kita sendiri mengakui, dosa yang kita lakukan, hal-hal negatif yang kita lakukan itu tidak sedikit, namun apa kita nantinya akan terus - terusan menjadi seperti ini ?? tidak kan ...??

Untuk menju pribadi yang lebih baik itu sangat tidak mudah, butuh proses, butuh semangat dan yang terpenting butuh waktu, semua itu tidak diperoleh secara instan. Ulat saja untuk menjadi seekor kupu - kupu tidak dengan segampang membalikkan tangan / sayapnya, melainkan juga butuh perjuangan, butuh proses dan butuh waktu hingga kurang lebih 20 hari lamanya.

Kita perlu waktu untuk belajar menjadi lebih baik, belajar menjadi lebih bermanfaat, belajar untuk lebih bersyukur dengan keadaan. waktu yang tepat untuk melakukan sebuah perubahan tersebut sudah ada di depan mata, yakni bulan Ramadhan.

Sebuah bulan penuh amalan, penuh pahala dan penuh ampunan bagi kita yang benar - benar menjalankan perintah-NYA dan menjauhi larangan-NYA. Saya pun demikian, insyallah akan memanfaatkan bulan ini lebih baik dari yang lalu.

Sepatutnya kita sebagai manusia harus selalu belajar, dan salah satunya belajar menjadi seekor kupu - kupu......

Wassalamualaikum wr wb

Surabaya, 19.07.12
10.18 p.m

*sumber gambar : http:// yuksinaucom/proses-metamorfosis-pada-kupu-kupu/




0 komentar: