Sabtu, 21 Juli 2012

Pensil Warna

Assalamualaikum wr wb

Disela - sela kejenuhan dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan yang menumpuk.

Ini ada sedikit beberapa pertanyaan bagi para pembaca.
Menurut mas - mas dan mbak - mbaknya yang sekilas melihat gambar disamping ini, hal yang mas - mas dan mbak - mbak pikirkan apa ya ??
#pensil warna
#pensil
#runcing
#lebih dari satu
#warna - warni
#jumlahnya ada 13, dsb...

Yang mana ???
kalau bukan dari salah satu yang saya sebutkan diatas, silahkan menambahkan di kolom komentar pada postingan ini.

Yahh....sudah ketebak, banyak diantaranya ketika melihat gambar tersebut, yang terlintas di pikirannya adalah "Pensil Warna". Lantas pensil warna tersebut mau  diapain ?? #Kenapa kok yang dipakai pensil warna ?? bahkan ada yang menyebut bahwa gambar tersebut #gak penting, itu hanya kumpulan pensil warna.

Yup, gambar tersebut memang kumpulan pensil warna, tapi dalam gambar tersebut cukup mewakili apa yang kita alami. Bagi kehidupan pribadi, beberapa pensil warna itu bisa berarti jenis - jenis karakter yang akan kita pilih, setiap warna itu masing - masing mempunyai makna. Bisa juga diartikan bahwa sekumpulan pensil warna itu juga merupakan warna - warni kehidupan kita, ada susah, senang, duka, marah, sedih dan sebagainya, kembali lagi...... semua itu pilihan. Kita bisa memilih warna merah karena itu memang pilihan kita, bukan dipilih oleh seseorang.

Bagi aktifitas organisasi, kumpulan pensil warna itu merupakan contoh kecil dari apa itu organisasi, yakni sekumpulan manusia yang lebih dari satu, mempunyai latar belakang dan karakter yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama, tujuan dari organisasi tersebut. Ketika pensil warna itu digoreskan di kertas yang berbeda, hasilnya akan berupa jenis warna tersebut. Ketika pensil warna itu digoreskan di kertas yang sama namun tanpa adanya perpaduan yang bagus, maka hasilnya juga akan menjadi tidak bagus atau tidak maksimal. Namun berbeda pula jika kumpulan pensil wara dipadu-padankan di satu kertas yang sama, tentunya dengan kaidah - kaidah/aturan - aturan estetika yang berlaku, maka hasilnya akan menjadi luar biasaa...!!!

Kumpulan pensil warna itu cukup mewakili nilai dari sebuah organisasi, ketika individu di dalamnya bekerja sendiri - sendiri, maka hasilnya akan tidak bagus, tidak akan sesuai tujuan. Sama halnya dengan masing - masing individu yang bekerja dalam tim, namun tidak disertai dengan aturan - aturan atau kaidah - kaidah sebuah organisasi, maka hasilnya tidak akan jauh berbeda dari kondisi yang sebelumnya. Beda halnya ketika masing - masing individu yang beraktifitas pada wadah yang sama, disertai juga dengan beberapa aturan dan peraturan yang disepakati bersama dan rasa empati dan saling meghormati dan menghargai, maka hasilnya akan luar biasa !!!.

"Komposisi warna tidak hanya terjadi di sebuah kertas saja, melainkan juga terjadi di kehidupan kita"

Surabaya, 20.07.12
12.00 a.m


0 komentar: