Kereta
api merupakan salah satu transportasi yang tidak asing lagi bagi masyarakat
Indonesia, terutama di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Jauh sebelum
Indonesia merdeka, transportasi kereta api sudah mulai
digunakan oleh pemerintah hindia belanda saat menjajah dahulu. Jalur kereta api pertama di Indonesia dibangun pada tahun 1864 dan diresmikan pada tahun 1867 yang menghubungkan Semarang dengan Tanggung ( 26 km ).
digunakan oleh pemerintah hindia belanda saat menjajah dahulu. Jalur kereta api pertama di Indonesia dibangun pada tahun 1864 dan diresmikan pada tahun 1867 yang menghubungkan Semarang dengan Tanggung ( 26 km ).
Fungsi angkutan kereta api
Pada
saat itu, kereta api berfungsi untuk mengangkut hasil bumi dari pedesaan menuju
ke kota besar dan pelabuhan. Untuk angkutan penumpang, pada waktu itu lebih
sedikit daripada angkutan barang. Namun pada era perjuangan kemerdekaan
Indonesia, kereta api punya peranan sangat penting, yakni untuk mengangkut para
pejuang – pejuang kemerdekaan pada waktu itu, disamping itu juga sebagai media
propaganda kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggerakkan semangat
perjuangan kemerdekaan melalui coretan – coretan di badan kereta api, seperti
“Merdeka atau Mati” dan lain sebagainya. Peran kereta api yang paling
bersejarah yakni mengangkut Presiden Soekarno beserta para menterinya untuk
memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta menuju Jogjakarta pada tahun 1946
menggunakan KLB ( Kereta Luar Biasa ).
Hingga
saat ini, peran kereta api juga masih penting yakni memajukkan perekonomian
Indonesia, khususnya wilayah Pulau Jawa dan Pulau Sumatra saat ini, namun dalam
15 tahun mendatang, nantinya akan ada angkutan kereta api di Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
Namun
kondisinya sampai saat ini, keberadaan dan manfaat angkutan kereta api belum
sepenuhnya disadari oleh masyarakat, seperti masih ada peristiwa pelemparan
batu, aksi vandalisme, dan beberapa aksi yang berpotensi mengakibatkan
kecelakaan pada kereta api dan hal tersebut tidak sedikit dilakukan oleh para
generasi muda kita. Maka dari itu, melalui KOMUTER ( Komunitas Peduli dan
Pecinta Kereta Api ) ingin mengenalkan lagi angkutan kereta api kepada generasi
muda Indonesia melalui kegiatan edukasi.
Pengenalan mulai sejak dini

Selain
itu juga, kami mengenalkan macam petugas dan tugas utama dalam dunia kereta
api, mulai dari petugas loket, petugas PPKA, kondektur hingga masinis dan juga
mengenalkan beberapa bagian dari jenis rangkaian kereta api, mulai lokomotif
hingga kereta pembangkit.
Harapan
kami dari kegiatan edukasi kereta api ini, minimal mengenalkan transportasi
kereta api kepada generasi muda, mengedukasi bagaimana cara menggunakan
angkutan kereta api dengan baik dan benar, dan memotivasi kepada adik – adik
mengenai alternative cita – cita selain menjadi dokter, polisi dan pilot.
*Mungkin beberapa dari rekan –rekan banyak
yang menanyakan mengapa sasaran kegiatan edukasi kami adalah adik – adik yang
masih duduk di sekolah dasar, yakni kami ingin mengenalkan dunia kereta api
sejak dini, disamping itu dari adik – adik ini nantinya bisa mengingatkan
kepada orang tua mereka masing - masing mengenai manfaat naik kereta api,
minimal daripada bercapek – capek macet di jalan saat bepergian ke luar kota
lebih baik naik kereta api. Contoh kecil saja , ternyata masih masyarakat yang
tidak tahu bahwa ada angkutan kereta api jarak dekat ( Surabaya – Sidoarjo )
dan ( Surabaya – Lamongan ) hanya bertarifkan Rp.2000 saja.
Surabaya, 28 Oktober 2014
1.00 p.m
*Beberapa Dokumentasi yang lainnya :
Surabaya, 28 Oktober 2014
1.00 p.m
*Beberapa Dokumentasi yang lainnya :
0 komentar:
Posting Komentar