Senin, 01 September 2014

Menjadi Ikan Besarrr...



Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah akhirnya bisa bersua kembali lewat catatan ini, setelah beberapa  bulan lalu absen untuk menyelesaikan urusan perkuliahan (administrasi wisuda) yang sebenarnya ndak seberapa rumit tapi ngabisin banyak waktu…. Haduhhh…. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa di wisuda juga… (jangan tanya kuliah berapa tahun yaa…)


Mungkin teman – teman semua sudah banyak yang mengenal apa yang namanya wirausaha, atau bahasa kerennya entrepreneurship. Nyontek sedikit dari Wikipedia.com, wirausaha itu proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan, visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu dengan menghasilkan sebuah usaha. Singkat cerita menciptakan usaha yang mandiri.

Saya sendiri belum lama juga mengenal yang namanya wirausaha dan sedikit banyak baca – baca buku tentang berwirausaha, tapi ya gitu….. untuk merealisasikan masih susahhh….. belum ada keinginan dan keberanian. Tapi akhir – akhir ini saya berpikir kembali, sebenarnya berwirausaha itu keren juga lhoo…. paling tidak kita bisa jadi bos buat diri kita sendiri, jam kerja bebas, tidak ada yang memarahi, dan jadi karyawan itu ndak keren.. ( walaupun saya saat ini masih berstatus karyawan ). Timbul lah semangat untuk berwira usaha… dan mencoba berpikir sejenak…… saya mau buka usaha apa ??? bingung deh......hehehe…..

Setelah diskusi ke beberapa orang dan ikut forum sana sini, akhirnya saya mengumpulkan keberanian untuk memulai yang namanya wirausaha dan berupaya untuk membrainstorming diri saya sendiri bahwa berwira usaha itu keren, banyak tantangan, dan ibarat pepatah “lebih baik menjadi ikan besar di kolam kecil daripada menjadi ikan kecil di kolam besar”

            Kemauan dan keberanian untuk segera berwira usaha itu tidak semata – mata hanya modal nekat saja, ibarat perang itu harus bawa senjata saat berperang, kalau cuma modal nekat saja, namanya ya bunuh diri…..hehehe….. harus banyak belajar lagi…. belajar mengenal ROI, BEP, Business Plan dan kawan – kawannya.

            Tidak sedikit pengusaha yang sudah sukses berpesan kepada para pemula untuk mencari partner kerja saat baru memulai, namun kondisinya mencari partner kerja yang se-visi dan se-misi itu juga tidak gampang, daripada membuang – buang waktu untuk mencari partner kerja, ya mending segera dieksekusi saja ide bisnis nya….. sementara berjalan sendiri dulu.

Keinginan saya untuk segera berwirausaha itu karena ingin jadi kaya, namun berupaya untuk tidak materialistis. Di dalam al-quran sendiripun menyeru kepada kita sebagai manusia agar berlomba – lomba dalam hal kebaikan, berbuat kebaikan, semakin kita kaya semakin kita berkesempatan lebih untuk berbuat kebaikan. Namun kembali lagi, untuk berbuat baik tidak harus menunggu kita kaya.

            Yang terakhir, dalam berwirausaha itu yang terpenting adalah konsistensi, hal satu ini yang menurut saya agak sulit…… konsistensi untuk selalu semangat dan selalu berada di jalur yang telah direncanakan sebelumnya, tapi saya berupaya untuk bisa konsisten dalam berwira usaha.


Surabaya, 1 September 2014

Gambar ilustrasi dari sini





0 komentar: