Senin, 16 Juli 2012

Analisis S.W.O.T

S.W.O.T.... bagi kalangan yang berkecimpung dalam dunia manajemen, kata tersebut sudah tidak asing lagi.
S.W.O.T bukan S.W.A.T lho yaa....... , melainkan ringkasan salah satu teori di ilmu manajemen. S.W.O.T terbentuk dari kata Strength, Weakness, Opportunity dan Threat, item - item tersebut yang di lakukan dalam tahap perencanaan sebuah organisasi.

Analisis S.W.O.T merupakan sebuah teknik
analisis kondisi sebuah organisasi saat ini serta dengan ini juga dapat membantu menentukan langkah sebuah organisasi selanjutnya. Faktor kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman merupakan faktor yang sangat penting dan harus dipertimbangkan dalam kemajuann sebuah organisasi.

Strengh (kekuatan) merupakan sebuah faktor pendukung yang cukup berpengaruh yang menggambarkan kondisi "kekuatan" dalam sebuah organisasi dalam melangkah, Strength disini tidak selalu berarti dalam hal fisik, namun bisa juga dalam hal mental.

Weakness (kelemahan), ini merupakan faktor yang perlu diwaspadai, faktor kelemahan ini dominan berasal dari pihak intern organisasi yang menyebabkan sebuah organisasi dapat mengalami masa kemunduran atau bahkan kehancuran.

Opportunity (kesempatan), merupakan sebuah faktor yang perlu diperhatikan, sebab kesempatan tidak akan datang kedua kali. "Kesempatan" ini yang nantinya akan menyebabkan sebuah organisasi mengalami sebuah kemajuan dan keberhasilan.

Threath (ancaman/hambatan), merupakan kondisi negatif yang berasal dari luar organisasi yang dapat mengakibatkan orgaisasi tersebut mengalami kehancuran, kemunduran atau jatuh ke kondisi yang lebih buruk.


ilustrasi : http://www.grouputer.com/swot_analysis.html


0 komentar: