Sabtu, 29 September 2012

TARGET dan STRATEGI

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulilah bisa bersua kembali masih di media yang sama. 
TARGET dan STRATEGI.......sebuah kata yang mungkin sangat familiar di telingan rekan - rekan ketika mendengar.... yup, merupakan judul dari sebuah acara mengenai kemiliteran yang disiarkan di salah satu stasiun televisi.

Tapi TARGET dan STRATEGI yang dimaksud kali ini bukan tentang kemiliteran walaupun masih ada hubungan 'nilai'nya sih....


Akhir - akhir ini, rasanya hidup saya seperti berada di sebuah kapal yang berada di lautan lepas yang tidak punya arah tujuan dan terombang - ambing oleh gelombang laut. Seperti kehilangan arah yang entah akan menuju kemana
dan hanya bisa mengikuti pengaruh yang lebih kuat, kalau yang positif lebih kuat ya ikuuutt....kalau yang negatif lebih kuat juga ikuuutt. Sampai - sampai menjadi sebuah pertanyaan besar, kenapa sampai begini ??, setelah melakukan pertapaan (lebay) dan alhamdulilah saya menyadari ada yang salah dalam diri saya, bahwa saya lupa dengan TARGET yang dulu telah saya tentukan sendiri dan itu yang menyebabkan timbul keanehan ini.

Setiap manusia diciptakan dan hidup itu pasti mempunyai sebuah tujuan, bener ndak ?? ngerasa ndak ? bahkan sadar ndak ??, mungkin rekan - rekan ada yang masih bingung, tujuan kalian diciptakan dan hidup di bumi Allah SWT ini untuk apa hayooo ???
Mungkin juga rekan - rekan juga masih bingung, apa ya hubungannya TARGET dan STRATEGI.


TARGET menurut dimarih merupakan sebuah sasaran yang telah ditetapkan untuk dicapai, sedangkan STRATEGI menurut disini merupakan sebuah cara untuk mendapatkan kemenangan atau cara mencapai tujuan. Nah...dari sini kita juga bisa menyimpulkan bagaimana hubungan antara TARGET dan STRATEGI, kalau ada yang masih bingung akan saya sederhanakan. TARGET merupakan tujuan kita sedangkan STRATEGI itu cara untuk mencapai tujuan kita. 

Untuk menentukan sebuah TARGET dan STRATEGI itu harus secara khusus dan spesifik. Bisa di analogikan seperti ini, kalau kita ingin ke Surabaya (target) sedangkan posisi kita ada di jakarta, maka kita perlu menentukan bagaimana cara kita bisa sampai dari jakarta menuju ke surabaya (strategi) dan strategi menuju ke surabaya bagaimana ? ya dengan memilih moda transportasi dulu seperti kereta api misalnya, setelah itu kita harus membeli tiket dengan harga yang ditentukan dan nantinya kereta api tersebut melewati cirebon,pekalongan,semarang,bojonegoro,lamongan dan sampailah kita ke surabaya. Jadi penentuan TARGET dan STRATEGI itu harus secara spesifik agar kita bisa maksimal dan memudahkan untuk merealisasikannya

Orang itu bisa dikatakan sukses ketika apa yang telah ditargetkannya itu bisa terealisasi atau tercapai. Jadi 'nilai' sebuah kesuksesan seseorang itu tidak bisa dilihat dari satu sisi saja atau tidak bisa dilihat dari kekayaannya saja, tapi juga bisa dilihat dari sisi yang lain.
Oleh sebab itu, mulai saat ini dari membaca catatan ini, mari kita mereview kembali tentang apa target dan strategi kita, bagi yang belum mempunyai target, silahkan segera dibikin dan ditambah dengan strateginya.

Karena saya sudah mengantuk (walaupun masih menunjukkan pukul 9.42 p.m) dan nanti malam mau lanjut 'dinas' lagi, sementara diakhiri di sini dulu. Semoga ini bisa menjadi sebuah referensi minimal dan mungkin bisa bermanfaat bagi rekan - rekan.

Wassalamualaikum wr wb

Surabaya, 29.09.12
9.44 p.m

*gambar didapat dari sini








0 komentar: