Minggu, 28 Oktober 2012

Yang muda yang berkarya, benarkah ??

Assalamualaikum wr wb.


Sumpah Pemuda :
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
dicetuskan pada tanggal 28 oktober 1928 tepatnya pada kongres pemuda indonesia kedua.

Sebuah momen klimaks dari para pemuda yang melihat kondisi bangsa indonesia saat itu. Sebuah momen yang dihadiri kurang lebih sekitar 71 pemuda perwakilan organisasi kepemudaan indonesia dan 9 pemuda panitia yang membuktikan bahwa semangat dari para pemuda - pemudi bisa merubah apapun.

84 tahun sudah sumpah pemuda hanya diperingati sebagai momen seremonial saja terutama pada  saat tanggal 28 oktober, tanpa adanya penghayatan akan momen tersebut, khususnya bagi para pemuda saat ini.
hmm....miris juga ya....

Tidak banyak pemuda - pemudi sekarang yang mempunyai semangat  yang menggebu - nggebu, mungkin efek dari sinetron kali ya.....yang banyak menonjolkan sisi feminisme, romantisme, modernisme, instanisme dan -isme2 yang lain yang bukan menimbulkan sebuah inspirasi malah membuat  para pemuda kita sekarang menjadi gampang "cengeng", gampang mengeluh ditambah lagi, dukungan dari beberapa media sosial, lengkaplah sudahhh....walaupuun peran media sosial tersebut "dua sisi" yaa....

Pemuda - pemudi sekarang itu mudah mengeluh, mudah menyerah, tidak punya semangat juang, seenaknya jidatnya sendiri dan terkadang juga egois, itu yang pernah saya temui sih....bukan berarti saya yang paling sempurna juga, tapi setidaknya saya mencoba untuk menghindari hal itu....... Ya semoga masih banyak juga seorang bahkan sekumpulan pemuda yang kreatif, punya semangat juang, tidak mudah menyerah dan punya semangat juang yang tinggi untuk berkarya.

jadi.....
Yang muda yang berkarya...... benarkah ???
*semoga kita bisa menemukan jawabannya, entah cepat atau lambat dan semoga kita menjadi pemuda yang penuh semangat dalam berkarya

referensi : 
1. di sini

ilustrasi gambar :
1. dimarih

Wassalamualaikum wr.wb

Surabaya, 28 oktober 2012
10.34 p.m
Categories:

0 komentar: