Senin, 03 Juni 2013

I Like MONDAY

"I Hate Monday" mungkin tercetus karena kita terlalu berlebihan pada istilah "I Like Sunday". Sunday dan Monday, Sunday / hari minggu merupakan hari dimana diisi dengan hal - hal yang santai, kumpul dengan keluarga bahkan ada yang mengisi hari minggu dengan tidur sepuasnya, tapi hari senin justru kebalikannya. Hari senin merupakan hari sibuk - sibuknya, pekerjaan bertambah, jadwal meeting cukup banyak, belum lagi si bos yang marah - marah karena berbagai sebab.


Rasanya hari senin menjadi "momok" bagi kalangan pekerja terutama, kembali ke  rutinitas yang membosankan dari jam 8.00 sampai 17.00, rasa malas untuk menyambut hari senin dan selalu ada pernyataan, "harus ada hari senin yaa...??"hehehe..... wolesss meen.... 

Justru hari senin merupakan sebuah awal pekan untuk menentukkan akhir pekan kita.......bingung yaa...
Awal pekan itu justru harus digunakan secara maksimal, agar akhir pekan kita lebih maksimal juga. Memaksimalkan diri dengan menerima tugas dan menyelesaikan dengan semangat, kalau tidak maka akan timbul istilah "menunda-nunda pekerjaan" dan kalau di awal pekan tidak semangat, maka hari - hari berikutnya peluang semangat menjadi cukup kecil dan tak jarang pula di akhir pekan kita juga menjadi tidak maksimal karena pekerjaan - pekerjaan kita yang belum selesai.

Beberapa hadits tentang kenapa kita harus maksimal dalam bekerja :
  1. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli).  Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang  mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad)
  2. Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
  3. Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagihari terdapat barokah dan keberuntungan. (HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar)
Dalam agama islam sendiri sangat peduli tentang dinamika dan semangat beraktifitas terutama dalam bekerja untuk mencari rezeki. Biasanya waktu yang tepat yakni pada pagi hari, karena waktu pagi (pasca shubuh) merupakan simbolisasi dari kegairahan, kesegaran dan semangat. Pagi serig dikaitkan dengan harapan dan optimisme. Sehingga dalam peradaban barat-pun dikenal suatu pepatah berbunyi :"The early bird catches the worm" (Burung yang terbang di pagi harilah yang bakal berhasil menangkap cacing).

Dalam sebuah hadits ternyata Nabi Muhammad shollallahu 'alaih wa sallam juga memberi perhatian kepada waktu pagi. Sehingga di dalam hadits tersebut beliau mendoakan agar umat islam peduli dan mengoptimalkan waktu spesial dan berharga tersebut.

Nabi shollallahu ’alaih wa sallam berdoa: “Ya Allah, berkahilah ummatku di pagi hari.” Rasulullahshollallahu ’alaih wa sallam biasa mengirim sariyyah atau pasukan perang di awal pagi dan Sakhru merupakan seorang pedagang, ia biasa mengantar kafilah dagangnya di awal pagi sehingga ia sejahtera dan hartanya bertambah.” (HR Abu Dawud 2239)

"I Hate Monday" juga muncul, karena merasa ada kebosanan, mungkin rasa bosan, itu muncul karena apa yang sedang atau sering kita kerjakan bukan "Passion" kita, jadi rasanya aktifitas tersebut hanya sebuah kewajiban untukk mencari uang semata, kalaupun benar, saya sarankan segeralah cari "Passion" kita, cari ide bagaimana agar "passion" kita bisa menghasilkan, karena dengan "passion" kita akan selalu semangat dalam mengerjakannya.

Bagi yang merasa aktifitas ini merupakan "passion" kita, saya ada beberapa tips, ehh...lebih tepatnya saya menemukan beberapa tips untuk mengantisipasi rasa malas yang biasanya muncul terutama saat hari senin, yakni :

 1. Biasakan naik tangga
Jika biasanya Anda menggunakan lift, cobalah untuk menggunakan tangga. Olahraga sederhana bisa bantu membangkitkan mood dan mengurangi kegelisahan. Tapi jangan terlalu berlebihan, Anda tidak mau kan baju kerja basah karena keringat? Jika Anda bekerja di lantai 5, naiklah tangga hingga lantai 3 kemudian naik dengan lift. Seperti yang dikutip dari British Journal of Sports Medicine, daripada menggunakan lift atau eskalator, naik tangga selama lima menit saat istiahat atau memilih untuk berjalan kaki sama pentingnya dengan berolahraga.

2. Berjalan-jalan diantara jam kerja
Hasil penelitian National Health and Nutrition Examination pada tahun 2003 mengungkapkan bahwa memiliki waktu istirahat yang rutin diantara waktu bekerja perlu dipraktekan karena baik untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, BBC juga melaporkan berjalan di taman atau membeli camilan di toko depan kantor tidak akan mengurangi produktivitas bekerja seseorang. Penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang gemar berjalan selama 10 menit tiap harinya, terbukti mendapatkan enerji 18 persen lebih banyak dari rekan kerja mereka yang tidak pernah beranjak dari meja kerjanya.

3. Terkena sinar matahari
Mulai sekarang tak ada lagi alasan menghindari sinar matahari yang ternyata kaya akan manfaat. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal 'Environmental Science Technology', orang yang terkena paparan sinar matahari secara rutin memiliki mood positif dan rasa percaya diri yang tinggi.

4. Banyak minum air putih
Menurut Woodson Merrell, MD, Executive director dari Continuum Center di Beth Israel Medical Center, New York City mengungkapkan bahwa banyak orang yang mengeluh karena mood yang buruk dan kelelahan sebenarnya menderita dehidrasi. Kurangnya asupan mineral dalam tubuh juga menyebabkan meningkatnya tekanan darah Anda, penyimpangan memori dan kurangnya konsentrasi. 

tambahan :

5. Lakukan perbedaan kebiasaan secara periodik
Menurut pengalaman saya, melakukan perbedaan kebiasaan secara periodik akan membantu meningkatkan semangat dalam beraktifitas, bukan berarti kita sudah terbiasa makan pakai tangan terus 2 minggu kemudian kita makan pakai kaki.... bukan begitu yaa...hehehe.....(*biar ndak terlalu serius). Perubahan kebiasaan secara periodik maksudnya, seperti rute perjalanan menuju ke kantor, biasanya lewat rute A, 1 bulan kedepan coba lewat rute B dan seterusnya, atau bisa juga kebiasaan tiap pagi yang selalu minum kopi, 1 bulan kemudian berubah tiap pagi hari selalu  minum teh dan lain sebagainya.

6. Lakukan kebiasaan yang kalian suka 
Melakukan kebiasaan yang kita suka juga dapat meningkatkan semangat dalam beraktifitas, misalnya kita ndak bisa konsentrasi kalau tidak makan makanan ringan, atau istilah kerennya nyamil, atau misal kita tidak bisa konsentrasi kalau tidak mendengarkan lagu - lagu beraliran rock, dan lain sebagainya. Tak lupa juga, harus menyesuaikan dengan kondisi  kantor masing - masing.

Monggo bisa dicoba.... kalau berhasil ya alhamdulillah...kalaupun tidak berhasil...ya harus dicoba lagi.... itu tandanya masih belum berhasil....hehehe....

Tetap semangat kawan dalam awal pekan, maksimalkan dalam proses, insyallah hasilnya akan mengikuti.

Semoga catatan ini membawa manfaat, paling tidak minimal saya sudah menyampaikan apa yang menurut saya baik. Terimakasih atas waktu dan atensinya karena sudah berkunjung disini.

Surabaya, 3 Juni 2013
00 : 00 WIB

referensi : 
1. di sini
2. di sini
3. di sini







0 komentar: