Jumat, 14 Desember 2012

Wonderful Lombok 2012 (part 1)

Assalamualaikum wr. wb.

alhamdulilah kita bisa bersua kembali, postingan kali ini temanya lebih ringan dari postingan-postingan yang sebelumnya, yakni tentang trip report gathering yang diadakan oleh kantor beberapa hari kemarin, tepatnya di awal Desember 2012.

Sebenarnya saya sendiri agak ndak terbiasa untuk postingan yang berbau trip report travelling padahal saya suka dengan yang namanya travelling a.k.a mbolang, entah kenapa yaa..... mungkin karena sangat menikmati travelling tersebut sehingga lupa dan malas untuk buat trip reportnya...hehehehe.... (pernyataannya ndak nyambung). Oke deh...daripada basa - basi terus, capcuss ciiinn ke hal yang pokok.

Hari keberangkatan saya bangun agak lebih pagi daripada biasannya, lebih tepatnya pukul 03.00 WIB padahal biasanya jam segitu belum tidur juga...hehehe.....Dengan terpaksa tidur lebih awal dan bangun lebih pagi karena jadwal keberangkatan pesawat pukul 06.00 WIB jadi harus check in di bandara pukul 05.00 WIB. Berangkat dari rumah ke rumah temen naik sepeda motor dilanjut naik mobil, lumayan lahh,..hehhee....

SUB - LOP dengan Armada Wings Air ATR 72-500,
Dokumentasi Pribadi
Sampai di Bandara Internasional Juanda pukul 04.59 WIB (keterangan jamnya lebay amat... :) ) dan untungnya sudah di check-in kan ama temen kantor (Alhamdulilahh..... gak perlu antri). Tepat pukul 05.30 WIB boarding dan tepat pukul 06.00 WIB lepas dari landasan pacu Bandara Juanda Surabaya.
Sebelumnya ini merupakan penerbangan kedua saya (naik pesawat) dan penerbangan perdana saya (jurusan lokal indonesia..... dan tidak bermaksud untuk menyombongkan diri lhoo.....cuman alhamdulilahh lahh.....). saya kira bakal naik pesawat yang bermesin jet, tapi ternyata....pesawat berbaling - baling.....awalnya cukup was-was sih....takut kenapa - kenapa, tapi bismillah....

Salah Satu bagian dari P.Bali, Dokumentasi pribadi
Perjalanan dari SUB - LOP memakan waktu 1 jam 15 menit, jadi sampai di Bandara Lombok Praya pukul 08.15 WITA, pemadangan sepanjang SUB - LOP biasa saja, namun saat memasuki Pulau Lombok, ada beberapa pemandangan yang cukup bagus dan berhasil diabadikan dari pesawat (untungnya kaca pesawat cukup lebar), begitu landing langsung menyesuaikan jam dan barang bawaan, ternyata rombongan kami sudah ditunggu ama guide lokal lombok dan perjalanan di Lombok, NTB (*Nasib Tergantung Bali) eh... (Nusa Tenggara Barat) dimulai.
Salah Satu bagian di P.Bali, dokumentasi pribadi

Guide tersebut bercerita segala macem tentang Pulau Lombok dari A - Z, bahkan sampai ke kepanjangan dari *NTB (Nasib Tergantung Bali) pun ia ceritakan. Wisata pertama di Pulau Lombok menuju Pulau Gili Trawangan yang berada di sisi utara P.Lombok (kalau dilihat dari peta). Sekedar kilas balik, saya sebenarnya tidak interest dengan gathering kali ini, karena temanya 'pantai', karena saya lebih suka gunung daripada pantai.

Penyeberangan P.Lombok - P.Gili Trawangan,
Dokumentasi Pribadi

Ternyata P.Lombok ini dikelilingi oleh banyak teluk, sepanjang perjalanan dari menuju ke tempat penyeberangan, pemandangannya diisi hanya dengan deretan teluk - teluk dan pegunungan. Di sisi lain, satu - satunya akses jalan utama ya melewati lereng pegunungan tersebut di sisi kiri dan deretan teluk - teluk di sisi kanan. Karena posisi saya di dalam bus rombongan tidak PeWe (Posisi Wuenak) jadi rasanya badan ini seperti dikocok, karena jalanya yang naik turun, untungnya tidak sampaii "erupsi" (you know lhaahh...)
Alhamdulilah sudah tiba di tempat penyeberangan dari P.Lombok ke P. Gili trawangan dan 2 perahu sudah standby menunggu rombongan, tanpa panjang lebar langsung capcuss menuju TKP. Dalam perjalanan dari Pulau Lombok ke Pulau Gili Trawangan, disuguhi dengan konsistensi warna lautnya..... keindahan pulaunya...... wonderrfuulll........ Subhanallah...sungguh indah ciptaan ALLAH SWT..... #speechless (*bukan lebay ini, kalau ndak percaya, monggo langsung ke TKP gan...) akhirnya sampailah ke sebuah pulau yang namanya Gili Trawangan, entah jam berapa dan berapa lama perjalanannya, saya tidak tahu, karena sudah terpesona dengan keindahan alamnya.

Suasana P.Gili Trawangan, Dokumentasi Pribadi

Otw ke P.Gili Trawangan, Dokumentasi Pribadi
Sampai ke P.Gili Trawangan, kami disuguhkan dengan suasana yang serasa bukan di Indonesia, banyak bule-bule yang sedang berjemur, bercengkrama tapi yang membuat saya sadar kalau ini masih di Indonesia adalah ada penjual pentol keliling, hehehehe.......

Kondisi Laut sekitar p.Gili Trawangan,
Dokumentasi pribadi
Kami langsung makan siang, dan kami diberi waktu selama 2 jam untuk berada di pulau ini, ada beberapa opsi yang ditawarkan kepada kami saat itu, antara senorkeling menikmati keindahan bawah laut, bersepeda keliling sekitar atau jalan - jalan santai. Karena dari awal sudah ada niat tidak mau ada aktifitas dengan yang namanya berenang, maka saya dan beberapa rekan lainnya memilih untuk bersepeda saja, lebih tepatnya menyewa sepeda seharga Rp.25.000.

Sisi Barat P. Gili Trawangan, Dokumentasi Pribadi
Akhirnya bersepedalah kita..... niatnya cuman mau sepedahan sini situ, eh lha kok malah ngajakin muterin pulau.....hmm..okelah.... karena terlihat di gugel mep, P.Gili Trawangan itu ndak seberapa besar,akhirnya kita memutuskan untuk bersepeda mengelilingi pulau tersebut. 1 jam diawal kami disuguhi pemandangan pantai dengan laut yang biru dan pasir yang putih di sisi kiri dan deretan bar - bar, cafe dan penginapan di sisi sebelah kanan dengan beberapa turis asing dan lokal yang berseliweran dan didukung oleh jalan paving yang mendukung. 30 menit berikutnya tantangan bagi kami untuk melewati jalan berpasir yang notabene kalau bersepeda di jalan yang berpasir itu susahnya luar biasa, namun pemandangannya juga tak kalah menarik dengan sebelumnya, ibarat kata masih "perawan" lahh, karena untuk sisi yang saya maksud ini masih belum banyak terjamah oleh manusia dan sampailah kami di titik dimana kami berangkat... Alhamdulilah....dengan waktu kurang dari 2 jam saya bisa menikmati semua keindahan pesisir Pulau Gili Trawangan. Lumayan ngos - ngosan juga....tapi memang T.O.P B.G.T dahhh....

Salah satu sisi P.Gili Trawangan, Dokumentasi Pribadi

Waktu sudah habis, saatnya kembali ke Pulau Lombok dan menuju ke lokasi showroom penjualan mutiara dan wisata belanja pernak - pernik kaos. Kalau lokasi destinasi ini biasa aja sepertinya, isinya ya tentang display mutiara air laut dan mutiara air tawar. Untuk lokasi belanja pernak - pernik juga biasa saja, isinya cuman jual kaos dan beberapa gantungan kunci dan aksesoris lainnya. Ohya, untuk yang kesana nantinya, saya sarankan lebih baik berbelanja pernak - pernik/aksesoris ke pedagang asongan, daripada ke konter jual oleh2, karena ternyata barangnya lebih murah dan terkadang kualitasnya lebih baik juga, daripada yang dijual di konter-konter baju dan aksesoris.

Setelah ke showroom mutiara dan wisata belanja aksesoris dan oleh - oleh, akhirnya tiba juga waktunya makan  malam....... Kalau tidak salah, kami baru makan malam pukul 20.30 WITA kurang lebihnya, agak heran juga, waktu maghrib disana itu pukul 19.00 WITA dan suasana masih cukup terang juga daripada pukul 19.00 WIB. Karena waktu sudah menunjukkan pukul 21.30 WITA, kami lanjut ke tempat penginapan di sebuah hotel bintang 4 di kawasan pantai senggigi..... dan ternyata hotel bintang 4 disana tidak sama dengan hotel bintang 4 di Surabaya ya....hehehe....., sampai di kamar langsung menonton pertandingan piala AFF antara Malaysia dan Indonesia yang ternyata masih berlangsung, dan ternyata akhirnya kalah juga 0-2, padahal sudah dibelain tidak mandi dulu pada waktu itu (bersambung ke part 2.....)