Jumat, 11 April 2014

Selat Solo, Icon Kuliner Kota Solo

Selat solo…. Itulah nama makanannya. Beberapa kali saya ke Kota Solo, baru kali ini mengenal makanan yang bernama Selat Solo. Awalnya saya kira nama selat solo ini merupakan nama minuman khas Kota Solo, eh ternyata ini sebuah makanan khas Kota Solo.

Selat Solo.
Sumber : Dokumentasi Pribadi, April 2014

Makanan ini terdiri dari potongan daging, telur ayam, potongan wortel, kacang panjang, kentang, daun selada, yang dicampur dengan kuah asam manis atau kuah semur ini cocok disajikan tanpa nasi putih. Sekilas secara visual makanan ini hampir mirip dengan bistik ( makanan western ) namun kalau ini, disajikan dengan ditambahkan kuah. Awalnya saya mengira rasanya bakalan aneh, tapi ternyata…. Hmmm…… rancak banna….. perpaduan yang pas…  Ada rasa asam, manis dan gurih.

Selat Solo ini juga dikenal sebagai bistik jawa, konon katanya selat solo ini merupakan hasil kreasi Keraton Solo yakni perpaduan antara bistik ( sebutan dari beefsteak ) dan salad, sehingga terciptalah perpaduan makanan yang bernama Selat Solo, yang menjadi salah satu icon Kota Solo.

Selat Solo ini masih jarang dijumpai di beberapa kota besar, namun di Kota Solo, tempat yang menjual Selat Solo juga tidak sedikit. 

Bagi kawan – kawan yang hendak berkunjung atau sekedar mampir  di Kota Solo, saya sarankan untuk mencoba yang namanya selat solo. (anz)


Referensi :
1. Disini


Categories: , ,

0 komentar: